7 Teknologi Canggih Yang Merubah Medan Perang


7 teknologi canggih


7 teknologi canggih di medan perang (kemajuan teknologi) - Perang mempunyai sejarah panjang yang terjadi pada peradaban manusia selama ini. Pada mulanya prajurit dipersenjatai panah dan tombak sekarang mereka dibekali dengan pesawat cepat, senjata laser, bom dan teknologi lainnya. Berikut ini adalah tujuh inovasi teknologi terbaru yang telah merubah peperangan.


1. Bom Nuklir
awan jamur nuklir

Bom nuklir merupakan senjata yang sangat merusak dalam sejarah peradaban manusia. Senjata nuklir pertamakali di dunia yaitu bom atom, dikembangkan oleh seorang fisikawan yang bekerja di Proyek Manhattan pada Perang Dunia ke II yang diawali pada tahun 1939. Proyek ini adalah program penelitian yang sangat terkenal dan sangat rahasia. Bom ini pertama diledakkan pada tanggal 16 Juli 1945, dalam sebuah percobaan yang dinamai Trinity di Bandara Udara Alamogordo di New Mexico. Ledakan itu telah membuat awan jamur yang sangat besar dengan daya ledaknya yang lebih dari 15.000 ton TNT. Kemudian dua bom atom diluncurkan di Jepang tepatnya di kota Hiroshima dan Nagasaki. Pengeboman ini dengan efektif mengakhiri Perang Dunia ke II. Efeknya menimbulkan kekhawatiran luar biasa bagi manusia hingga kemudian hari muncul suatu program pemusnahan senjata nuklir. Hingga sekarang, Peristiwa Pemboman Nuklir di Hiroshima dan Nagasaki menjadi satu-satunya penggunaan senjata berbasi nuklir dalam sejarah peperangan.

2. Senjata Luar Angkasa.



satelit luar angkasa


Senjata luar angkasa atau space weapons dipersenjatai dengan hulu ledak yang mampu menyerang sasaran di bumi dari ruang angkasa. Senjata ini juga bisa mencegah dan mematifkan rudal atau menghancurkan satelit di lintasan orbit. Selama perang dingin, Amerika Serikat dan Uni Soviet berlomba-lomba mengembangkan senjata ruang angkasa ini. Pada masa itu militerisasi di ruang angkasa masih menjadi kontroversial, namun Amerika Serikat, Rusia dan China telah berhasil mengembangkan senjata anti-satelit. Beberapa uji coba nuklir yang telah dilakukan hingga saat ini terbukti berhasil menghancurkan satelit di orbit. Salah satunya dilakukan oleh China pada tahun 2007, ketika ada sebuah rudal, anti satelit mereka dapat menghancurkan satelit cuaca yang sudah tidak digunakan oleh negara tersebut.

3. Pesawat Siluman


Stealht Plane, seperti namanya, pesawat ini mampu menghindari alat pendeteksi atau radar di langit maupun di udara. Pesawat ini dilengkapi berbagai teknologi canggih untuk meminimalisir refleksi pesawat, pancaran frekuensi radio, radar inframerah dan emisi. Teknologi siluman ini bisa meningkatkan kemungkinan serangan yang senyap dan akurat, karena musuh kesulitan untuk melacak, apalagi menembak jatuh pesawat tersebut. Perkembangan teknologi ini dimulai di Jerman selama Perang Dunia ke II, namun kemudian teknologinya diambil alih oleh Amerika hingga menciptakan sebuah pesawat terkenal seperti F-35 Lightning II, F-22 Raptor dan B-2 Spirit.

4. Rudal Tomahawk



gambar rudal tomahawk


Tomahawk adalah jenis rudal jelajah jarak jauh yang diciptakan untuk melesat pada ketinggian yang rendah dan mampu melaju dengan kecepatan subsonik, memungkinkan untuk menyerang berbagai macam sasaran dengan sangat cepat. Rudal dengan daya pacu mesin jet ini pertama kali dipakai secara operasional selama Tugas Operasi Badai Gurun pada tahun 1991. Rudal ini memiliki kecepatan sekitar 550 mil per jam (880 km / jam), dan menggunakan teknologi GPS untuk mengoptimalkan target mereka agar lebih akurat.

5. Kapal Selam



gambar kapal selam



Penemuan kapal ini menjadi sebuah revolusi sekaligus inovasi tersendiri dalam perang karena mampu menyerang kapal-kapal lawan dengan tanpa terdeteksi. Serangan kapal ini pertamakali terjadi selama perang sipil Amerika, yang berlangsung pada tahun 1861-1865. Pada bulan Februari 1864, Konfederasi kapal selam CSS HL Hunley berhasil menenggelamkan kapal USS Housatonic di perairan Carolina Selatan. Hingga saat ini, Penggunaan kapal selam ini diutamakan untuk membawa rudal, melakukan pengintaian, membantu serangan darat serta membangun blokade.

6. Fly by Wire



teknologi fly by wire


Teknologi ini mengubah kontrol penerbangan dengan memanfaatkan sinyal yang didapat dari komputer dan dikirimkan untuk memindahkan mekanisme control sistem. Penginstalan fly by wire sistem dalam pesawat berguna untuk meningkatkan ketepatan suatu target serta memberikan keamanan yang lebih mumpuni. Suatu misal, fly by wire sistem secara otomatis dapat membantu menstabilkan penerbangan pesawat, tanpa bergantung pada kendali manual dari pilot.

7. Drone



pesawat tanpa awak


Drone atau pesawat tanpa awak, memungkinkan pasukan untuk menembakkan senjata mereka dengan aman tanpa ada risiko sedikitpun bagi pilot. Teknologi ini tentu mampu mengurangi korban kematian pilot pada saat pertempuran. Amerika Serikat saat ini mengembangkan penggunaan drone di semua cabang kekuatan operasional militer.

7 Teknologi Canggih Yang Merubah Medan Perang 7 Teknologi Canggih Yang Merubah Medan Perang Reviewed by Airsoft ID on May 21, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.